KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII
KURIKULUM KTSP
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa
kalimat.
|
Teks berita
|
Disajikan
sebuah teks berita, siswa dapat:
-
Menentukan pokok-pokok berita.
-
Menentukan dampak dari
masalah sampah yang terdapat dalam teks berita
|
Pilihan Ganda
Pilihan Ganda
|
1
2
|
Imbuhan {me-}
|
Siswa
dapat:
-
Menentukan pemakaian imbuhan {me-} yang tepat
pada sebuah kalimat
|
Pilihan ganda
|
3
|
||
Kata kerja aktif dan kata kerja pasif
|
Siswa
dapat:
-
Menentukan kalimat yang merupakan kalimat
aktif
|
Pilihan ganda
|
4
|
||
2
|
2.1
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan
pilihan kata dan kalimat efektif.
|
Teks cerita pengalaman
|
Disajikan
sebuah teks cerita pengalaman, siswa dapat:
-
Mengidentifikasi pengalaman yang
menyenangkan.
|
Pilihan ganda
|
5
|
3
|
3.1
Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai
dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai.
|
Membaca memindai untuk mencari makna kata
dalam kamus
|
Disajikan
sebuah kalimat, siswa dapat:
-
Menentukan arti kata sabar
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
-
Menentukan arti kata pemangku
kepentingan
-
Menentukan arti kata
konservasi
-
Menyusun kata ke dalam kamus
kecil
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
6
7
8
9
|
4
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata
per menit
|
Cara memahami isi bacaan
|
Disajikan paragraf, siswa dapat:
-
Menentukan
gagasan utama dalam paragraf
-
Menentukan
pertanyaan yang sesuai dengan paragraf
-
Membuat
simpulan isi paragraf
-
Menentukan
makna kata minat
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
10
11
12
13
|
Majas
|
Siswa dapat:
-
Menentukan
kalimat bermajas perumpamaan
-
Menentukan
kalimat bermajas metafora
-
Menentukan
kalimat bermajas personifikasi
Disajikan bait puisi, siswa dapat:
-
Menentukan
jenis majas
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
14
15
16
17
18
|
||
5
|
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan
intonasi yang tepat
|
Membaca nyaring berbagai teks perangkat
upacara
|
Siswa dapat:
-
Menentukan
alasan pembacaan teks perangkat upacara bendera harus nyaring
-
Menentukan
alasan ketika membaca teks perangkat upacara harus memperhatikan jeda
-
Menentukan
penjedaan yang tepat
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
19
20
21
|
6
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
Cara menulis buku harian
|
Siswa dapat:
-
Menentukan
isi dari buku harian
-
Menentukan
manfaat buku harian bagi pemiliknya
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat:
-
Menulis
catatan harian sesuai dengan ilustrasi
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Essay
|
22
23
1
|
7
|
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
|
Cara menulis surat
pribadi
|
Disajikan kutipan surat pribadi, siswa dapat:
-
Menentukan
kalimat pembuka surat yang tepat
-
Menentukan
kalimat penutup surat pribadi kepada teman yang tepat
Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat:
-
Menentukan
surat pribadi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
24
25
26
|
8
|
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
Kalimat perintah dan
kalimat larangan
|
Disajikan beberapa kalimat, siswa dapat:
-
Menentukan
kalimat yang merupakan kalimat perintah
-
Menentukan
kalimat yang merupakan kalimat laranngan
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
27
28
|
9
|
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi
sekarang
|
Relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
|
Disajikan kutipan dongeng, siswa dapat:
-
Menentukan
perilaku yang patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari dari dongeng
tersebut
-
Menentukan
nilai kehidupan yang terdapat pada kutipan dongeng
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
|
29
30
|
10
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
Tahap-tahap dalam cerita
|
Disajikan kutipan cerita, siswa dapat:
-
Menentukan
tahap dalam cerita
|
Pilihan ganda
|
31
32
33
|
Kalimat langsung dan
tidak langsung
|
Siswa dapat:
-
Menentukan
menentukan penulisan kalimat langsung yang tepat
-
Membuat dua
kalimat langsung dan mengubahnya menjadi kalimat tidak langsung
|
Pilihan ganda
Essay
|
34
35
2
|
||
Kata sapaan dan kata
acuan
|
Siswa dapat:
-
Menentukan
kata sapaan yang terdapat dalam kalimat
-
Menentukan
kata acuan yang terdapat dalam kalimat
-
Menjelaskan
perbedaan kata sapaan dan kata acuan serta memberikan contoh dalam kalimat
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Essay
|
36
37
3
|
||
11
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
Cara menulis pantun
|
Disajikan sebuah pantun, siswa dapat:
-
Menentukan
jenis pantun
Disajikan sebuah pantun yang bagian isi dirumpangkan, siswa dapat:
-
Menentukan
isi pantun
Disajikan sebuah pantun yang bagian sampiran dirumpangkan, siswa dapat:
-
Menentukan
sampiran pantun
Siswa dapat:
-
Membuat
satu buah pantun agama sesuai dengan syarat pantun
-
Membuat
satu buah pantun teka-teki beserta jawabannya sesuai dengan syarat pantun
|
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Pilihan ganda
Essay
Essay
|
38
39
40
4
5
|
No comments:
Post a Comment