Salah satu pengalaman saya ketika mengajarkan dongeng adalah siswa sering mengantuk dan tidak memahami materi yang disampaikan.
Beberapa waktu yang lalu, saya menemukan solusi membuat proses pembelajaran dongeng hingga evaluasi berjalan efektif dan menyenangkan, yaitu melalui teka teki silang.
Pada teka-teki silang tersebut diberikan satu kata bantuan "Kamandaka".
Berikut contohnya:
|
|
|
|
|
|
|
|
TTS
Dongeng
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5C
|
I
|
U
|
N
|
G
|
W
|
A
|
N
|
A
|
R
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 J
|
|
|
|
|
|
P
|
6 H
|
A
|
N
|
G
|
T
|
U
|
A
|
H
|
|
|
|
|
|
|
A
|
2 S
|
|
4 K
|
|
|
T
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K
|
A
|
3 M
|
A
|
N
|
D
|
A
|
K
|
7 A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
G
|
I
|
N
|
|
|
R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T
|
E
|
T
|
C
|
|
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A
|
|
E
|
I
|
|
|
S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R
|
|
|
L
|
|
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
U
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 M
|
A
|
H
|
A
|
BB
|
A
|
R
|
A
|
T
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Soal mendatar:
5. Salah satu sage yang terkenal di Nusantara.
6. Contoh Hikayat melayu asli.
8. Epos yang bercerita tentang Pandhawa dan Kurawa.
Soal menurun:
1. Dongeng yang bercerita tentang seorang ksatria bertemu dengan bidadari di sebuah sungai.
2. Dongeng yang mengandung unsur sejarah.
3. Dongeng yang mengandung unsur misteri.
4. Tokoh yang memiliki watak cerdik dan sering diceritakan dalam fabel.
5. Tokoh perempuan yang dicintai oleh Kamandaka.
6. Dongeng yang berasal dari Melayu.
7. Salah satu hal yang membuat dongeng dianggap menarik.
No comments:
Post a Comment